Menu Click to open Menus
Home » Tips Wisata » 3 Cara untuk Mengenalkan Wisata Halal pada Dunia

3 Cara untuk Mengenalkan Wisata Halal pada Dunia

(265 Views) October 22, 2018 2:13 pm | Published by | No comment

Wisata Halal – Saat ini banyak sekali negara-negara berkembang yang mulai mengevaluasi tentang bagaimana cara mereka menarik wisatawan untuk berkunjung ke negara mereka. Keelokan serta keindahan pemandangan, budaya serta sejarah tak lagi menjadi daya tarik utama sebuah negara untuk layak dikunjungi.

Betul bahwa setiap negara memiliki nilai-nilai budaya dan sejarahnya sendiri. Ditambah keindahan kota yang hanya dimiliki oleh negara tertentu misalnya. Namun ternyata ada faktor lain yang lebih menarik bagi wisatawan untuk akhirnya memutuskan berkunjung ke sebuah negara.

mengenali potensi wisata halal
Belakangan ini banyak warga dunia generasi milenia yang lebih menyukai perjalanan dengan biaya murah dan terjangkau. Generasi yang memang lekat dengan teknologi dan mudahnya mendapatkan informasi dari sentuhan jari, membuat mereka lebih mempersiapkan dan menekan biaya perjalanan atau bahkan hingga penginapan. Mereka dengan mudahnya mendapatkan informasi melalui internet. Semua yang dibutuhkan, tersedia dalam hitungan detik. Termasuk rata-rata biaya yang harus dikeluarkan. Belum lagi mereka ternyata lebih menikmati tinggal dengan penduduk lokal yang memberikan pelayanan bak hotel berbintang. Kesiapan tuan rumah yang mengantar wisatawan pergi kemanapun dibutuhkan hingga membantu mengarahkan lokasi-lokasi wisata yang mungkin belum terjamah oleh media.

Generasi milenia pun tak akan berpikir ulang bila mereka mendapatkan banyak kemudahan berwisata, kemudian akan mengajak keluarga dan kerabatnya mengunjungi lokasi wisata tertentu. Lokasi wisata yang mampu memberikan mereka kepuasan berlibur, aman dan nyaman layaknya di rumah serta dukungan lingkungan yang ada di sekitar mereka menginap. Entah itu keramahan para tetangga, kemudahan informasi dan transportasi atau mudahnya mereka menemukan tempat-tempat ibadah dan restoran halal. Karena pada dasarnya, berlibur adalah hak semua orang. Maka saat ini, berlibur kel uar kota atu bahkan ke luar negeri, tak hanya milik orang kaya saja. Orang-orang menengah pun saat ini sudah mulai membanjiri banyak negara-negara yang menyediakan paket wisata halal. Wisata dengan biaya terjangkau dan memiliki fasilitas makanan halal selama berada di sana.

Efek dari pergerakan ragam wisata halal yang saat ini banyak ditawarkan, mulai membangunkan banyak negara-negara maju untuk berbenah diri. Negara yang nota bene penduduk muslimnya menjadi minoritas pun mereka menawarkan ragam pilihan tujuan wisata halal. Ada tiga cara yang bisa kita lakukan untuk mengenalkan pilihan wisata halal nan terjangkau oleh dunia luar. Ini dia caranya :

1. Temukan keunikan wilayahmu
Cari tahu sebanyak-banyaknya keunikan wilayah yang ada di sekitar kita. Apa yang kira-kira bisa menjadikan wilayah kita layak untuk dikunjungi. Di bagian mana wisata wilayah kita bisa menopang wisatawan dari segi kehalalannya. Ragam makanan minumannya kah? Kemudahan dan bersihnya tempat ibadah kah?

2. Libatkan tokoh masyarakat dan warga sekitar
Kita tidak akan bisa melakukan proses pengenalan lokasi wilayah itu seorang diri. Kita butuh tangan, energi dan kekuasaan orang lain. Bersinergilah dengan masyarakat sekitar. Libatkan dan ajak mereka untuk berbagi peran.

3. Manfaatkan media sosial
Ya, salah satu cara yang paling mudah mempromosikan sesuatu saat ini adalah melalu media sosial. Manfaatkan ruang yang ada, dari facebook, instagram atau situs-situs travelling lainnya. Gambarkan dengan jelas dan detil wilayah yang ingin dipromosikan.

Ini adalah tiga hal mendasar bila kita ingin mengenalkan lokasi wisata yang ada di sekitar kita. Bergerak bersama itu lebih baik dari pada bergerak sendiri. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan mengembangkan potensi wisata Indonesia.

 

foto pexels

 

(Visited 25 times, 1 visits today)

No comment for 3 Cara untuk Mengenalkan Wisata Halal pada Dunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *