Kuliner
Aneka Kuliner Halal Jepang: Apa bedanya Udon, Soba, Sushi dan Onigiri?

Aneka Kuliner Halal Jepang: Apa bedanya Udon, Soba, Sushi dan Onigiri?

Seringkah anda mendengar nama makanan Jepang seperti Udon, Soba, Sushi dan Onigiri? Karena namanya yang asing terkadang kita jadi bingung membedakannya. Bahan dasar makanan tersebut tidak terbuat dari daging babi dan terbuat dari tumbuhan atau tepung. Artikel kali ini akan membahas detail empat jenis makanan halal tersebut.

kuliner halal
1. Udon
Udon merupakan makanan popular khas Jepang. Udon berbentuk panjang-panjang seperti mie namun lurus serta teksturnya yang lebih halus dan lebih tebal dari mie pada umumnya. Warna Udon adalah putih tulang. Bahan bakunya terbuat dari tepung gandum sehingga dengan memakan udon saja bisa mengenyangkan perut kita.
Kreasi udon sudah banyak di temui saat ini, ada udon bumbu kari, bumbu kuah Jepang, kombinasi dengan tempura, dan masih banyak lagi. Udon juga bisa dihidangkan dalam keadaan panas atau dingin. Komposisi udon diantaranya adalah Jahe, rumput lau (nori), dan kuah sup dashi yang berasal dari kaldu ikan. Restoran udon juga cukup banyak ditemui di Jepang dan di Negara manapun.

2. Soba
Bagi orang jepang, ada tradisi tertentu dalam menyajikan mie soba. Mereka biasa memakannya untuk malam tahun baru, ketika merayakan tempat tinggal yang baru. Berbeda dengan udon yang bahan bakunya gandum putih, Soba berbahan baku gandum kuda dan warnanya hitam ke cokelatan. Bentuknya seperti spaghetti yang teksturnya lebih kasar dan bisa di sajikan dengan panas ataupun dingin.
Soba dingin ada beberapa macam: zarusoba (soba yang dicelupkan kedalam saus yang menggunakan gula sebagi pemanis), morisoba (sausnya bercampus mirin/ alcohol) jadi perhatikan perbedaannya ya, tentsuke soba (dihidangkan bersama tempura), dan kamoseiro (dihidangkan bersama saus berisi potongan daging bebek). Dan soba panas yang memiliki jenis lebih banyak lagi: kakesoba (soba kuah dalam mangkuk besar, ada daun bawang, bubuk cabai dan kulit jeruk), kitsune soba (soba kuah dengan lauk aburage dan gula), niku soba (soba kuah dengan lauk daging sapi) dan lain-lain.

3. Sushi
Sushi merupakan makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama aneka lauk seperti sayuran, telur, tuna, salmon, ayam, daging dan masih banyak lagi. Asal usul namanya berasal dari kata sifat ‘masam’ karena dibumbui campuran cuka beras, gula dan garam.
Sushi ada yang lauknya masih mentah (karena orang Jepang menyukai sushi mentah) namun ada juga yang lauknya sudah dimasak terlebih dahulu.
Sushi saat ini memang sudah sangat popular dan bisa di temui di Negara manapun, tapi jika anda sedang berlibur ke Jepang, cobalah sushi dari tempat asalnya.

4. Onigiri
Onigiri merupakan masakan yang berbahan dasar nasi. Jika Sushi dibentuk kecil-kecil untuk sekali gigit, onigiri bentuknya lebih besar. Bisa dibentuk bulat, segitiga atau segiempat sesuai selera. Komposisinya adalah nasi, rumput laut, garam dan isian seperti telur, teriyaki, tuna atau salmon.
Cara membuat onigiri adalah dengan Mengepal nasi kemudian diberi isian lauk dan sedikit bumbu garam lalu dibungkus rumput laut sehingga rasanya lebih gurih dan cocok di semua lidah. Onigiri sangat mudah dibawa kemana-mana dan tidak ribet saat memakannya. Cocok untuk sarapan atau kudapan saat menunggu makan siang atau malam tiba.

Itulah penjelasan mengenai beberapa makanan Jepang yang paing popular. Semoga bisa menambah pengetahuan tentnag makanan Jepang.

foto pexels

(Visited 1 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *