Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Tips Wisata » Ini Dia 3 Ikon Wisata Halal di Indonesia

Ini Dia 3 Ikon Wisata Halal di Indonesia

(138 Views) October 23, 2018 2:28 pm | Published by | No comment

Ikon Wisata Halal –  Kabar menggembirakan untuk bangsa Indonesia di awal 2018. Peringkat wisata halal Indonesia naik satu peringkat. Jika tahun sebelumnya Indonesia menduduki peringkat 3, tahun ini menjadi peringkat 2. Sebuah peningkatan yang patut diacungi jempol.

Kawasan Indonesia yang luas tidak seluruhnya menjadi destinasi wisata halal. Sementara ini Indonesia hanya mencanangkan 3 daerah ini sebagai destinasi wisata halal. Daerah itu adalah Nusa Tengara Barat, khususnya Lombok, Sumatera Barat, dan Aceh.

Apa saja aktivitas di daerah tersebut hingga menjadi destinasi wisata halal berstandar Internasional. Yuk, baca selengkapnya.

1. Nusa Tenggara Barat (Lombok).
Keberadaannya yang berdekatan, sering kali membuat pulau Lombok dan Bali dibandingkan. Padahal, Bali dan Lombok memiliki ciri khas dan karakter masing-masing.
Pantas rasanya, kalau Lombok dicanangkan sebagai destinasi wisata halal. Kultur masyarakat yang agamis sangat mendukung untuk tujuan itu.

Sejak dahulu masyarakat Lombok memang terkenal agamis. Kehadiran masjid adalah salah satu bukti kultur itu. Sesuai dengan julukannya “Pulau Seribu Masjid” di Lombok seorang muslim tidak perlu khawatir mencari tempat ibadah. Bangunan masjid sangat mudah ditemukan. Hampir semua masjid di Lombok berfungsi maksimal, tidak hanya sebagai tempat salat. Makanan halal sangat mudah dijumpai, karena pemerintah mengeluarkan Perda tentang kewajiban setiap pelaku usaha untuk menyediakan makanan halal.

Ya, kebijakan pemerintah daerah dan masyarakat Lombok memiliki sinergi yang baik untuk mewujudkan sebuah destinasi wisata halal. Walaupun, negara Indonesia menduduki peringkat 2 untuk destinasi wisata halal, namun sebagai daerah Lombok adalah destinasi wisata halal terbaik seluruh dunia. Hal ini dibuktikan dengan penghargaan World’s Best Halal Tourism Destination di Abu Dhabi tahun 2016 lalu.

2. Aceh

wisata halal di aceh
Peristiwa malang yang telah memorak-porandakan Aceh tahun 2004 lalu seolah lenyap tak berbekas. Bila kita berkunjung ke Aceh yang ditemukan adalah sebuah daerah yang teratur, cantik dan bersyariat. Makanan halal bukanlah suatu hal yang sulit dicari bila kita berkunjung ke Aceh. Jauh sebelum dicanangkan sebagai destinasi wisata halal, masyarakat Aceh telah menerapkan kultur keislaman yang kuat. Sebagai daerah yang diberikan kewenangan khusus, Aceh memang mengimplementasikan nilai-nilai keislaman. Sebut saja polisi syariat, hukum Islam, dan perda-perda syariat yang ditetapkan pemerintah daerah. Wajar jika tahun 2016 lalu Aceh meraih World Best Halal Cultural Destination dan World Best Airline for Halal Travellers. Penerapan nilai-nilai keislaman itu jadi daya tarik tersendiri bagi para turis.

3. Sumatera Barat.
Keindahan alam adalah salah satu alasan para turis berkunjung ke Sumatera Barat. Keindahan alamnya memang tidak perlu diragukan lagi. Selain keindahan alamnya, Sumatera Barat memiliki “dagangan lain” untuk dijual ke wisatawan.

mengenal wisata halal di sumbar

Apakah itu? Ya, Sumatera Barat memang menggenjot potensi wisata yang satu ini. Penduduk yang mayoritas muslim, makanan halal, norma adat yang kental dengan keislaman, jadi andalan. Menu makanan Sumatera Barat yang telah mendunia adalah modal awal. Sebut saja rendang, soto Padang, Sate Padang yang telah melegenda hingga ke mancanegara. Menu-menu tersebut terjamin kehalalannya dan diolah langsung oleh penduduk asli. Pemerintah daerah pun terus berupaya memopulerkan potensi wisata halal di Sumatera Barat.

Selain itu, semboyan “Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah” mengundang keingintahuan turis. Turis memiliki rasa ingin tahu yang besar, bagaimana implementasi semboyan itu dalam kehidupan bermasyarakat. Pemerintah daerah juga terus berupaya menyukseskan wisata halal. Dalam setiap even dan kesempatan, Pemda gencar mempromosikan wisata halal di Sumatera Barat. Menjamurnya hotel-hotel bernuansa syariah adalah salah satu upaya Penda untuk mendukung suksesnya program ini.

Menjadi Ikon Wisata halal memang menjadi pintu gerbang, dan sumber daya dari segi potensi wisata layak dibanggakan oleh Indonesia. Penduduknya yang mayoritas muslim adalah modal awal. Menurut Kementerian Pariwisata, wisata halal memiliki potensi besar untuk menjadi daya tarik bagi para turis.

 

foto tribun

(Visited 17 times, 1 visits today)

No comment for Ini Dia 3 Ikon Wisata Halal di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *