Review
Ini Penyebab Mual Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Ini Penyebab Mual Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

Mual saat hamil Dialami umumnya oleh sebagian besar ibu yang sedang mengandung. Bahkan faktanya, hanya kurang dari 20% wanita hamil yang tidak mengalami kondisi mual [1].
Meski begitu ada beberapa cara yang bisa dilakukan ibu untuk mengatasi mual saat hamil. Tentu saja sebelum diatasi, Anda harus tahu dulu apa penyebabnya.

Penyebab Mual Saat Hamil

Jika ditanya mual saat hamil sampai kapan, maka jawabannya adalah hal ini terjadi dimulai minggu ke-6 kehamilan dan selesai di minggu ke-12 kehamilan [2]. Nah ada beberapa penyebab yang biasanya memunculkan kondisi mual ini, yakni:
● Kadar Hormon
Salah satu penyebab munculnya mual saat hamil yakni kadar hormon estrogen dan progesteron. Biasanya hormon estrogen yang meningkat hingga 100 kali bisa memicu rasa mual. Meski progesteron punya banyak fungsi yakni membantu mengencangkan otot rahim agar bayi tidak lahir prematur, disamping itu ketika progesteron meningkat maka bisa memicu mual dan beberapa kondisi lainnya.
● Gula Darah Rendah
Hal kedua yang juga bisa menyebabkan mual saat hamil adalah kondisi hipoglikemia atau gula darah rendah. Kondisi ini tentu saja bisa terjadi ketika glukosa dalam darah jumlahnya tidak cukup. Gejala yang muncul tidak hanya muak tetapi juga pusing, wajah pucat berkeringat hingga denyut nadi yang terasa semakin cepat.
Gula darah yang rendah ini biasanya terjadi ketika disebabkan plasenta yang cukup menguras energi tubuh ibu. Terlebih makanan yang masuk ke tubuh juga dibagi dua yaitu untuk janin dan juga sang ibu.
● Masalah Pada Lambung
Ini tentu juga ada hubungannya dengan hormon progesteron yang meningkat. Sebab ketika hormon meningkat maka ada pengaruhnya ke esofagus bagian bawah. Esofagus erat hubungannya dengan katup yang ada di lambung. Jadi ketika kedua sistem di tubuh ini mengalami masalah, maka rasa mual langsung muncul.
Namun mual juga bisa muncul disebabkan karena ibu mengalami kondisi hamil untuk pertama kalinya. Tidak hanya karena tubuhnya yang belum bisa menyesuaikan, rasa panik juga kerap muncul secara mental.
● Mengalami Stress
Stress juga bisa menjadi pemicu mual saat hamil. Sebab tentu saja stres bisa mengganggu pencernaan. Ketika pencernaan terganggu, saat itulah muncul rasa mual. Makanya disarankan untuk tidak terlalu lelah agar stress mereda dan rasa mual berkurang.
Mengatasi Mual Saat Hamil
Mual saat hamil tentu cukup mengganggu pada setiap ibu yang sedang mengandung. Untuk itu ada beberapa tips dalam mengatasi mual agar bisa berkurang.
● Minum Air
Disarankan untuk minum air dalam porsi yang cukup. Hal ini karena saat ibu hamil mengalami mual biasanya cairan tubuh ikut banyak berkurang. Maka dari itu minum air, pertama air mineral sangat bagus untuk mengganti cairan yang hilang.
Air juga bisa dikonsumsi dalam banyak varian misalnya dibuat jus, teh ataupun dimasak menjadi sup. Varian minuman ataupun makanan ini bisa membuat tubuh terasa segar dan menghilangkan mual.
● Jauhi Penyebab Mual
Saat hamil, biasanya banyak hal yang menyebabkan Anda mudah sekali merasa mual. Ini disebabkan karena tubuh yang terlalu sensitif. Maka dari itu Anda harus menjauhi hal-hal yang memicu mual mulai dari makanan sehingga aroma tertentu.
● Makan Dengan Porsi Kecil
Ketika hamil Anda sebaiknya mencukupi nutrisi tubuh, karena nutrisi ini akan dibagi dua yaitu untuk bayi dalam kandungan. Makanan untuk mengurangi mual saat hamil sebaiknya dikonsumsi dalam porsi kecil saja.
Nah meski porsinya kecil, tapi anda bisa mengkonsumsinya lebih sering [3]. Cara ini bisa membantu perut tidak terasa penuh hingga memicu rasa mual.

air aqua
Air Mineral Solusi Kurangi Mual Saat Hamil

Daripada minum obat-obatan yang aman untuk mengurangi mual saat hamil, lebih baik ibu konsumsi air minum berkualitas dari merk terbaik salah satunya AQUA. Seperti dikatakan di atas, air tentu sangat baik dikonsumsi untuk ibu hamil agar mengurangi rasa mual.
Menariknya ibu tidak harus 100% mengkonsumsi air mineral, karena bisa diganti dengan alternatif minuman dengan varian minuman yang mengurangi rasa mual. Contohnya saja, minuman seperti aneka jus tanpa gula, teh tawar, hingga minuman wedang jahe.
Tentu saja air yang digunakan untuk membuat minuman ini harus berasal dari air mineral terbaik, yakni AQUA. AQUA telah diproses secara higienis dan pengolahannya juga menggunakan teknologi yang canggih.
AQUA sendiri merupakan merek air mineral asli Indonesia yang airnya bersumber dari mata air pegunungan. Tentu saja AQUA bukan air mineral sembarangan karena punya 3 perlindungan.
Yakni yang pertama melindungi ekosistem untuk sumber airnya, lalu yang kedua AQUA, mampu melindungi kealamian mineral yang terkandung pada air tersebut. Bahkan kemurniaan air mineral ini tetap terlindungi hingga ke tangan konsumen. Lalu yang ketiga, merek air mineral ini punya proses pengolahan canggih sehingga kualitas dari air itu sendiri tetap terjaga.
Jadi itu tadi beberapa penyebab mual saat hamil dan cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Untuk ibu yang tidak mengalami mual sama sekali saat mengandung, tentu saja harus tetap jaga kesehatan salah satunya dengan mencukupi asupan air dan makanan. Minum AQUA air mineral, menjadi salah satu solusi untuk kecukupan air ibu hamil.

Sumber :
1. https://www.alodokter.com/mual-saat-hamil-pertanda-kehamilan-sehat
2. https://hellosehat.com/kehamilan/kandungan/masalah-kehamilan/penyebab-mual-saat-hamil/
3. https://www.sehatq.com/artikel/mual-saat-hamil-muda-penyebab-dan-cara-mengatasinya

(Visited 44 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *