Menu Click to open Menus
Home » Review » Mari Berkunjung ke Cirebon, Kota Seribu Santri

Mari Berkunjung ke Cirebon, Kota Seribu Santri

(455 Views) April 24, 2018 11:59 am | Published by | No comment

Berkunjung ke Cirebon –  Salah satu julukan Kota Cirebon adalah kota seribu Santri. Karena kota ini memang banyak berdiri pondok-pondok pesantren yang bertebaran hampir di seluruh kota Cirebon. Banyak orang-orang di luar kota Cirebon yang datang berbondong bondong untuk mengirim anaknya ke pesantren-pesantren yang ada di Cirebon untuk belajar Ilmu Agama.

Sebenarnya julukan Kota Seribu santri dan Kota Wali ini tidak lepas dari sejarah Kota Cirebon itu sendiri. Kota Cirebon yang berada di pesisir utara menghubungkan Jakarta-Cirebon-Semarang-Surabaya atau kita sering mendengarnya sebagai Jalur Pantura. Asal kata Cirebon itu sendiri ada beberapa makna. Awalnya bernama Sarumban ketika Cirebon masih berupa dukuh kecil. Ketika mulai berkembang menjadi besar berganti nama menjadi Caruban. Kalau dari arti bahasanya Carub artinya bercampur atau berpadu. Maknanya bahwa saat itu banyak pendatang yang datang dari berbagai suku. Misalnya suku Jawa, Tionghua, Arab. Mereka berpadu menyatu tanpa ada perasaan membeda bedakan. Karena kebiasaan lidah lama-lama Caruban berganti nama Carbon dan akhirnya menjadi Cirebon. Ada juga yang mengaitkan nama Cirebon dengan mata pencaharian mereka yang sebagian Nelayan karena memang letaknya yang berada di pesisir pantai utara. Mereka menangkap ikan dan Udang Kecil atau Istilahnya Rebon. Udang kecil diolah menjadi terasi. Nah air rebusan rebon inilah yang membentuk kata Cirebon, Cai yang artinya air dan Rebon. Akhirnya terbentuklah kata Cirebon.

Sedangkan sebutan Kota Wali atau Kota Santri ini tidak jauh peranan Sunan Gunung Jati. Awalnya dulu di daerah Pasambangan berdiri sebuah pesantren bernama Gunung Jati di bawah pimpinan syekh Datu Kahfi atau Syekh Nurul Jati. Di pesantren inilah Putra dan putri kerajaan Padjajaran yaitu Pangeran Walangsungsang dan adiknya Nyi Rara Santang belajar agama. Pada akhirnya Pangeran Walangsungsang diutus Sultan Padjajaran Prabu Siliwangi untuk menjadi Labuhan di Kota Cirebon. Seiring berkembang waktu Pangeran Walangsungsang menyatakan kemerdekaan kota cirebon. Dan bergelar Cakrabuana. Sempat memindahkan kerajaan Cirebon ke daerah Lemahkwungkuk. Disinilah mendirikan kerajaan baru yang bernama Pakungwati.

Disinilah Cirebon memang menjadi salah satu kerajaan Islam yang sempat berjaya di bawah pimpinan Sunan Gunung Jati atau Sultan Syarif Hidayatullah. Beliau adalah pendiri Kasunanan Cirebon. Beliau adalah keponakan dari Pangeran Walangsungsang. Di bawah Sunan Gunung Jati Cirebon berkembang menjadi kerajaan Islam. Sampai sekarang pengaruh Islam yang dibawa Sunan Gunung Jati masih sangat melekat di kehidupan sehari hari masyarakat Cirebon.
Nah sekelumit sejarah diatas merupakan sedikit gambaran kota Cirebon. Jika Anda tertarik , Anda bisa berkunjung ke kota Cirebon menyusuri bekas- bekas kerajaan Cirebon. Atau Anda bisa berziarah ke makam Sunan Gunung Jati.

rental mobil cirebon

rental mobil

Nah jika berkunjung ke Cirebon Anda tidak perlu repot membawa kendaraan sendiri. Anda bisa menyewa mobil di www.sewamobilcirebon.co.id. Anda bisa menyesuaikan kebutuhan mobil dan tujuan yang ingin dituju. Selain nyaman Anda juga akan ditemani sopir yang sangat paham wilayah Cirebon. Bisa mengantarkan Anda ke mana saja. Anda ingin berziarah ke makam Sunan Gunung Jati atau berwisata ke pantai. Atau mungkin Anda ingin berkunjung ke sanak saudara yang sedang belajar di Pesantren. Maka solusi praktisnya adalah menyewa mobil. Mencapai kota Cirebon Anda bisa memilih transportasi kereta api. Selanjutnya bisa dilanjutkan dengan menyewa mobil.

Anda bisa mengunjungi www.sewamobilcirebon.co.id. Disarankan jauh hari sebelum keberangkatan Anda bisa memesan dan memberikan Dp untuk menghindari stock habis. Nah mudah dan praktis juga. Yuuk berkunjung ke Cirebon.

 

foto momotrip

(Visited 91 times, 1 visits today)

No comment for Mari Berkunjung ke Cirebon, Kota Seribu Santri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *