Menu Click to open Menus
Home » Tips Wisata » Turki – Keindahan Kota Para Sufi

Turki – Keindahan Kota Para Sufi

(121 Views) September 4, 2019 3:26 pm | Published by | No comment

Turki apa yang terlintas saat kalian membaca kata tersebut. Pasti sebagian besar dari kalian membayangkan sebuah tarian yang berputar-putar alias tari Darwis. Apakah kalian tau siapa penemu tarian ini?. Oke tarian ini berasal dari daerah Konya daerah yang kecil dan berada di Provinsi Anatolia dekat dengan perbatasan Suriah dan Irak, tarian ini ditemukan oleh Jalaludin Rumi seorang ahli sufi dan pembuat puisi yang menawan.

Kalo kalian hobby membaca sejarah islam pasti sudah tak asing lagi dengan tokoh islam satu ini. Jalaludin Rumi menyebarkan ajaran islam melalui puisi puisi yang ia buat sendiri, kalo kalian penasaran bagaimana puisi pusinya kalian bisa membeli seri buku Jalaludin Rumi di toko buku dan rasakan bait bait puisi yang indah. Jalaludin Rumi juga yang membawa nama Konya menjadi terkenal lewat puisi dan tarian Darwisnya, di Konya ini ada sebuah masjid yang sekaligus berfungsi sebagai museum.

Wah hebat yaa. Masjid ini bernama Mevlana seperti kebanyakan masjid di Turki lainnya Mevlana memiliki arsitektur yang unik dan memiliki interior yang dilapisi marmer yang mengkilat. Selain untuk ibadah masjid ini juga digunakan untuk menyimpan peninggalan peninggalan dari Jalaludin Rumi seperti kumpulan puisi yang ditulisnya dengan bahasa Persia, Arab, Turki bahkan Yunani tak lupa berdiri tegak patung lilin penari Darwis serta Al-Qur’an yang ditulis menggunakan tinta emas, wah jadi penasaran bukan. Beralih ke makanan yang terkenal di Turki bahkan saat ini kalian bisa menikmati makanan itu di Indonesia kalian pasti sudah bisa menebaknya yap kebab, kebab sendiri merupakan makanan khas Turki yang paling banyak disukai wisatawan asing. Kebab sendiri terbuat dari roti pita yang berisikan daging kambing atapun sapi serta sayuran lainnya yang sudah pasti menggoda lidah rasanya.
Lalu ada Dolma, kalo di Indonesia bisa diibaratkan seperti lemper bedanya kalo di Indonesia lemper dibungkus dengan daung pisang dan tentu saja daun pisangnya ngga bisa dimakan sedangkan si dolma ini daun pembungkusnya dapat dimakan dan isi dari dola itu sendiri adalah daging cincang.

Kemudian ada salah satu makanan sekaligus pertunjukan yaitu Dondurma, dondurma ini adalah eskrim khas turki yang memiliki tekstur berbeda dari eskrim biasanya, tekstur dondurma ini cenderung seperti permen karet. Cara penyajian eskrim ini juga unik penjual akan berakrobat sedemikian rupa dan terkadang kita dibuat kesal juga karena satu waktu eskrim yang kita kira sudah jadi dan sudah disuguhkan ke kita tiba tiba diambil lagi dan digantikan dengan kerupuk eskrim kosong, sebenarnya letak keseruan dan keunikannya ada pada aksi akrobatik itu sendiri. Dondurma bisa ditemui di food truck yang ada dipinggir jalan Turki.

Selain masjid Melvana tadi ada salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi yaitu Blue Mosque atau Masjid Biru. Yaap seperti namanya masjid ini didominasi oleh warna biru yang mempesona, masjid ini memiliki desain kubah yang menumpuk dan for your information masjid ini memiliki 9 kubah, 1 kubah utama serta 8 kubah penyangga, dan tak lupa ada 6 menara yang menjulang tinggi. Pemandangan di malam hari akan terlihat sangat berbeda pada masjid ini kubah yang berwarna biru ini akan memancarkan cahaya yang bersumber dari lambu kubah so apabila kalian ingin melihat betapa indah dan cantiknya masjid ini coba datang saat malam ya.

(Visited 17 times, 1 visits today)

No comment for Turki – Keindahan Kota Para Sufi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *